NAMA SURAT DALAM AL-QUR'AN YANG LEBIH DARI SATU NAMA

S O A L :

Ustadz…. saat saya mencari surah “ Hamim Sajadah “ dalam satu Al-Qur’an dan ingin membuka terjemahnya, ternyata tidak ada. Tetapi setelah saya urutkan ternyata namanya lain, yaitu Fusilat. Masih adakah surah Al-Qur’an yang mempunyai lebih dari satu nama ?

( dari : 085335xxxxx )


J A W A B :

Betul ….., ada beberapa surah Al-Qur’an yang memiliki lebih dari satu nama. Berikut ini akan saya sebutkan beberapa nama surat yang mempunyai sinonim nama, tetapi ini sejauh yang saya tahu saja. Nama surah itu antara lain adalah :

1. Al – Fatihah : Ummul kitab, Ummul Qur’an, Fatihatul
Kitab dan Sab’ul Masani.
2. At – Taubah : Baro’ah.
3. Hamim Sajadah : Fushshilat
4. Al – Mu’min : Ghaafir
5. Al – Insan : Ad – Dahr
6. Al – Lahab : Al – Masad

Demikian beberapa surah yang memiliki lebih dari satu nama,

Maka disaat kita temui ada perbedaan nama dalam dua mushab Al – Qur’an maka kita sudah faham dan tidak bingung lagi.

WANITA ANSHAR
3 Responses
  1. Unknown Says:

    Assalamualaikum saya mau nanaya kalau Q.S fusilat nama lain nya apa yah


  2. Unknown Says:

    R e n d a h l i te ra s i, i t u di b a c a y a n g b e n e r!



    About Me

    Foto saya
    Saudaraku... kita ditakdirkan sebagai manusia dengan beragam suku bangsa dan bahasa... namun demikian tentu hal itu bukan jadi penghalang persaudaraan kita. Sekedar untuk diketahui, bahwa saya adalah insan yang dilahirkan dari keturunan Jawa Timur asli. Meski saat ini saya berada di kota Khatulistiwa ( baca Pontianak bersama anak dan istriku tercinta, namun sampai saat ini ayah dan ibuku masih tinggal di kota REOG ( baca Ponorogo). Jelasnya... saya adalah anak rantau, yang meyakini bahwa bumi yang kita pijak ini adalah sama. dan tentunya keyakinan ini juga ada pada diri anda... thanks

    Followers