'Asyura dan Kisah Nabi-nabi

S O A L :

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.
Adakah kaitannya antara 'Asyura ( 10 Muharram ) dengan kisah Nabi Musa AS., Nabi Nuh AS., Nabi Ibrahim AS., dan Nabi Yunus AS.,..?
( Mas Said... Wonogiri Jateng )


J A W A B :

Wa'alaikum salam Wr. Wb,.
Bulan Muharram adalah bulan Mulia, sebab bulan Muharram adalah Bulan Allah ( syahrullah ). Selain itu, bulan Muharram termasuk bulan Haram ( Asyharul hurum ). Firman Allah :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ
“ Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram “ (Q.S at-Taubah : 36)

Selain itu, di bulan Muharram ini juga di sunahkan puasa, sabda nabi SAW :

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ
“ Paling utamanya puasa setelah Ramadhan, yaitu puasa di bulan Muharram, dan paling utamanya shalat setelah shalat fadhu adalah shalat malam “.

Dalam Bulan Muharram ada istilah 'Asyura ( 10 Muhrram ) yang didalamnya di sunahkan puasa. Kaitan dengan kisah Nabi, maka yang jelas dan ada dalilnya adalah yang berkaitan dengan sejarah Nabi Musa AS. hadist yang berkaitan dengan ini adalah :
Diriwayatkan dalam hadits :
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ : مَرَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِأُنَاسٍ مِنْ الْيَهُودِ قَدْ صَامُوا يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ مَا هَذَا مِنْ الصَّوْمِ قَالُوا هَذَا الْيَوْمُ الَّذِي نَجَّى اللَّهُ مُوسَى وَبَنِي إِسْرَائِيلَ مِنْ الْغَرَقِ وَغَرَّقَ فِيهِ فِرْعَوْنَ وَهَذَا يَوْمُ اسْتَوَتْ فِيهِ السَّفِينَةُ عَلَى الْجُودِيِّ فَصَامَهُ نُوحٌ وَمُوسَى شُكْرًا لِلَّهِ تَعَالَى فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَا أَحَقُّ بِمُوسَى وَأَحَقُّ بِصَوْمِ هَذَا الْيَوْمِ فَأَمَرَ أَصْحَابَهُ بِالصَّوْمِ (رواه احمد في مسنده)
Dari Abi Hurairah ra berkata : Nabi Saw melewati sekelompok orang yahudi, mereka berpuasa di hari Asyura’. Nabi bertanya : “Puasa apa ini?”. Mereka menjawab : “Ini adalah hari dimana Allah menyelamatkan Musa dan Bani Israil dari tenggelam, dan menenggelamkan Fir’aun. Dan hari ini juga adalah hari merapatnya bahtera (Nabi Nuh) di bukit Judiy. Maka Nabi Nuh dan Nabi Musa berpuasa sebagai rasa syukur kepada Allah SWT ”. Lalu Nabi berkata : “Saya lebih berhak dengan Nabi Musa dan lebih berhak untuk berpuasa di hari ini”. Nabi pun memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa.


Adapun 'Asyura ( 10 Muharram ) yang berkaitan dengan kisah Nabi Yunus AS., Nabi Ibrahim AS., dan nabi Nuh AS., sampai hari ini belum ana dapatkan dalilnya yang kuat, dalam artian, selama ini ada beberapa pendapat yang menjelaskan tentang kejadian-kejadian para nabi pada tanggal ini ( seperti Nabi Nuh mendarat dari pelayaran, nabi Yunus keluar dari perut ikan hiu, Nabi Ibrahim selamat dari kobaran Api dll ), menurut hemat ana, ini hanya sebatas k a t a n y a... atau qiila wa qaala.
Wallahu a'lam.
1 Response
  1. Unknown Says:

    Cobalah untuk mengamalkan


    About Me

    Foto saya
    Saudaraku... kita ditakdirkan sebagai manusia dengan beragam suku bangsa dan bahasa... namun demikian tentu hal itu bukan jadi penghalang persaudaraan kita. Sekedar untuk diketahui, bahwa saya adalah insan yang dilahirkan dari keturunan Jawa Timur asli. Meski saat ini saya berada di kota Khatulistiwa ( baca Pontianak bersama anak dan istriku tercinta, namun sampai saat ini ayah dan ibuku masih tinggal di kota REOG ( baca Ponorogo). Jelasnya... saya adalah anak rantau, yang meyakini bahwa bumi yang kita pijak ini adalah sama. dan tentunya keyakinan ini juga ada pada diri anda... thanks

    Followers