TAHUN BARU HIJRIAH 1431 H

Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih Tinggi derajatnya di sisi Allah; dan Itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.
Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari padanya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh didalamnya kesenangan yang kekal,
Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.
( QS. At-Taubah ; 20-22 )

Bulam Muharram adalah bulan yang dimuliakan. Kronologis dari hal ini adalah, karena bulan muharram adalah awal tahun hijriah, dan sebelum bulan Muharram adalah bulan Dzulhijjah yang merupakan bulan terakhir pada penanggalan tahun hijriah.
Sebagaimana kita tahu, dalam bulan Dzulhijjah tersebut terdapat ibadah-ibadah besar sebagai wujud satu proses pensucian diri. Diantara ibadah besar tersebut adalah ; Haji, Umrah dan Ibadah Qurban. Barangsiapa yang mampu melaksnakan ibadah-ibadah besar tersebut dengan baik dan maksimal, haji dan umrahnya mabrur,dan qurbannya ikhlas, maka disaat memasuki bulan Muharram ini dia akan pantas dimuliakan.

selain hal diatas, ada beberapa faktor yang menunjukkan kemualian bulan Muharram ini yaitu bahwa bulan ini disebut dengan "Syahrullah" ( bulan Allah ), bulan Muharram ini juga termasuk bulan harram ( at-Taubah ; 36 ),dan bulan Muharram ini adalah awal tahun hijriah yang sudah disepakati oleh para alim ulama semenjak masa khalifah Umar bin Khathab.
Kemuliaan bulan Muharram juga ditunjukkan dengan adanya hari 'Asyura ( tanggal 10 Muharram ) yang disunahkan kepada kita untuk melakukan ibadah puasa. Barangsiapa berpusa pada hari 'Asyura ini akan diampuni dosa-dosnya oleh Allah SWT.
Adapun beberapa cara melakukan puasa 'Asyura ini sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist adalah dengan empat cara yaitu; tanggal 9 dan 10 Muharram, atau tanggal 10 dan 11 Muharram, atau tanggal 9, 10 dan 11 Muharam, atau tanggal 10 Muharram saja. Namun kita perlu mengetahui bahwa untuk cara yang ke empat ini ( puasa tanggal 10 Muharram aja )dimakruhkan oleh para ulama, karena barang siapa yang puasa pada tanggal 10 Muharram ini saja menyerupai puasanya orang Yahudi.
Mengingat begitu mulianya bulan Muharram ini, maka sudah selayaknya kita memanfaatkan momentum ini untuk banyak istighfar dan beribadah.demikian itu karena bulan Muharram ini adalah merupakan bulan awal tahun hijriah, maka dengan banyaknya ibadah akan menjadikan pondasi kuat untuk perkembangan ibadah selanjutnya. Dengan kekuatan pondasi di awal tahun 1431 Hijriah ini,diharapkan bangunan ibadah kita semakin kokoh ditahun-tahun mendatang. Amin
Wallahu a'lam bishshowab

    About Me

    Foto saya
    Saudaraku... kita ditakdirkan sebagai manusia dengan beragam suku bangsa dan bahasa... namun demikian tentu hal itu bukan jadi penghalang persaudaraan kita. Sekedar untuk diketahui, bahwa saya adalah insan yang dilahirkan dari keturunan Jawa Timur asli. Meski saat ini saya berada di kota Khatulistiwa ( baca Pontianak bersama anak dan istriku tercinta, namun sampai saat ini ayah dan ibuku masih tinggal di kota REOG ( baca Ponorogo). Jelasnya... saya adalah anak rantau, yang meyakini bahwa bumi yang kita pijak ini adalah sama. dan tentunya keyakinan ini juga ada pada diri anda... thanks

    Followers